Jumat, 12 April 2013

Kolam Puncak Abadi Para Dewa



View dari atas

 
Hati-hati jangan tertipu dulu sama judulnya. Kolam ini letaknya di pelosok gunung yang dikenal sebagai gunung yang mempunyai puncak abadi para dewa, Gunung Semeru, Lumajang. Adanya kola mini tidak sengaja dibangun sama warga sekitar maupun para pendaki yang dengan niat mereka punya fantasi mandi-mandi di tengah gunung sampai mereka bela-belain bawa batako, semen, pasir dan lain-lain untuk bangun kolam ini, tapi kolam ini sengaja dibuat dari Tuhan Yang Maha Esa untuk para pendaki mau traveler yang hanya sekedar melepas kepenatan maupun menimati sensasi tidur di bawah lapisan kabut yang tipis.

Sekali lagi jangan membayangkan ini kolam beneran yah yang punya prosotan, pancuran air, maupun bebek-bebekan di tengah kolam. Tapi kolam ini lebih dahsyat, lebih menggelegar, lebih cetar membahana. Kenapa lebih cetar membahana? Karena di kolam ini disajikan air dalam volume yang besar yang terhampar di tengah pegunungan dengan lapisan kabut tipis diatasnya, udara sejuk bagi siapapun manusia yang berasa disana akan berdecak kagum keheranan akan kolam buatan Tuhan Yang Maha Esa ini dimana di pinggiran kolam ini ditata dengan rapi pohon-pohon cemara yang cantik nan menjulang tinggi.

View dari sisi lain
Ya, Danau Ranu Kumbolo. Itulah nama sebenarnya kolam yang berada di gunung para dewa ini. Nama ini sudah tidak asing lagi di dunia para pendaki maupun traveler karena pesona keindahannya yang magis dan menghipnotis para manusia yang melihat danau ini. Bayangkan aja apa yang bisa kita lakukan di tempat ini selama minimal 1 malam saja? Kita bisa menikmati lukisan alam dari sang pencipta sambil menikmati secangkir kopi sembari bersenda gurau dengan kerabat, atau ada yang suka memancing?jangan kuatir karena di danau ini pun tersedia ikan yang cukup melimpah yang bisa kita jadikan sebagai santapan makan malam kita ditemani pantulan sinar bulan yang menunjukkan cantiknya di air danau yang tenang ini.
Trek menuju lokasi

“Jauh ya akses ke dalam nya?” Ga jauh kok kira-kira 4-5 jam trekking tapi habis itu terbayarkan semua cucuran keringat kita. Tapi males ni pikul barang-barang kita dsana? Ga usah takut bagi kalian yang misalnya tidak punya fisik yang kuat karena di pintu gerbang masuk Gunung Semeru disediakan porter yang bisa membantu kalian membawa barang-barang bawaan kalian biar jalannya lebih enteng gitu, tinggal modal dengkul sama betis aja,enak kan? Dah gitu porter tadi bisa membantu kalian untuk membangun tenda, maupun menyiapkan api unggun untuk kalian jika kalian punya budget yang cukup dan ga mau repot nantinya.

Cuma ada 1 pesan untuk kalian yang berniat mengunjungi tempat ini. Jangan mengotori tempat ini generasi-generasi kita selanjutnya tetap bisa menikmati asrinya tempat ini sampai waktu kadaluarsa bumi ini berputar telah habis. Dan pastinya jangan lupa sampah-sampahnya dibawa turun ya biar kolam di puncak abadi para dewa ini tidak tercemar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar